Arsip Blog

COMALinfo - PT Pertamina mengeluarkan klarifikasi terkait informasi keliru yang beredar di sosial media dengan judul Gerakan Cabut Karet Sela / Pengaman Tabung Gas. Pertamina menegaskan rubber seal atau karet pengaman merupakan salah satu komponen valve LPG yang berfungsi sebagai pelindung ketika aktivitas pemasangan regulator (sebagai alat pengatur aliran LPG).


“Pemilihan jenis karet sebagai komponen utama rubber seal tersebut telah disesuaikan dengan produk hidrokarbon yang terkontak langsung yaitu material LPG, sehingga tidak benar jika dikatakan umur pakai rubber seal hanya satu kali pemakaian,” demikian bunyi siaran pers Pertamina .

Sebagaimana material berbahan dasar karet pada umumnya, rubber seal memiliki umur/masa pakai tertentu. Kelayakan penggunaan rubber seal serta keberadaannya pada valve LPG secara otomatis akan terdeteksi ketika kegiatan pengisian tabung LPG di stasiun pengisian tabung Pertamina dilakukan.


Secara visual , petugas Pertamina melakukan quality control atas keberadaan rubber seal sebelum dilakukan pengisian. Jika rubber seal tidak ada pada tabung atau kondisinya telah rusak / getas, maka ketika pengisian tabung dilakukan akan timbul kebocoran yang sangat mudah dideteksi secara visual .

Selanjutnya petugas pengisian akan menyisihkan tabung tersebut untuk diganti rubber seal-nya .

“Kepada pengguna LPG agar memperhatikan keamanan penggunaan LPG , di mana salah satu ketentuan terkait safety ini adalah dilarang mencongkel valve tabung LPG karena hal ini dapat merusak spindle valve dan dapat menyebabkan kebocoran pada tabung.”

Oleh karena itu, penanganan atau pengambilan
rubber seal dengan cara mencongkel sangat tidak disarankan. Suaramerdeka

0 komentar:

Post a Comment

COMALinfo © 2014. All Rights Reserved. Powered By Blogger
Blogger