Arsip Blog

COMALinfo - Dalam menjual buah kurma, biasanya penjual akan membedakannya berdasarkan varian dan daerah asalnya. Supaya tidak terkecoh saat membelinya, maka anda harus mengenal jenis-jenis buah ini karena setiap jenis harganya beda. Namun, saat ini ada lebih dari 1.500 varietas kurma. Maka kami sudah memilihkan yang paling populer sebagai panduan.



Deglet Noor, varietas kurma yang berasal dari Aljazair dan Tunisia.
VARIETASASALSPESIFIKASI
BarhiBasra, IrakDaging buah tebal, penuh cita rasa, berwarna cokelat gelap saat matang, lembut, kualitas sangat baik
Dayri (Monastery Date)Dayri, IrakBentuk panjang, warna hampir hitam, daging buah lembut dan agak kering
Deglet NoorAljazair dan TunisiaAgak kering, tidak terlalu manis, banyak digunakan untuk masakan. Tanamannya menghasilkan banyak buah tetapi tidak terlalu tahan air dan lembap.
Halawy/HalawiIrakSangat manis, daging buah lembut, berukuran kecil-sedang, buahnya bisa berkerut selama proses pematangan jika pohonnya tidak diairi dengan baik, toleran terhadap kelembapan.
Hayany/HayaniMesirWarnanya merah gelap hingga hampir hitam dengan daging buah lembut. Pohonnya paling tahan cuaca dingin.
Khadrawy/KhadrawiIrak dan Arab SaudiJenis kurma yang paling disukai oleh orang Arab karena dagingnya lembut dan berkualitas paling baik. Ukurannya paling kecil dan pohonnya cukup toleran terhadap hujan dan kelembapan.
Khastawi/Khustawi/KustawyIrakLembut, berukuran kecil, dan sangat disukai sebagai dessert.
MaktoomIrakBerukuran besar, berwarna merah-coklat, berkulit tebal, lembut, dengan rasa manis yang sedang
MedjoolMarokoBerukuran besar, lembut dan juicy
Saidy/SaidiLibyaBerdaging buah lembut, sangat manis, untuk tumbuh pohonnya butuh iklim yang sangat panas
Sayer/SayirIrakBerwarna oranye-cokelat tua, berukuran sedang, lembut, bersirup
Thoory/ThuriAljazairBuahnya kering, ketika dikeringkan berwarna merah-cokelat dengan kulit yang agak keriput, dan daging buahnya terkadang keras dan berpasir, tapi rasanya manis
Zahdi/ZahidiVarietas tertua di Timur TengahBerukuran sedang, berwarna cokelat emas cerah, sangat bergula, banyak digunakan untuk keperluan kuliner
Oke, semoga artikel mengenai manfaat buah kurma ini bermanfaat bagi para pembaca. Sebentar lagi bulan puasa, permintaan akan buah ini tentunya meningkat. Di Indonesia, sangat sulit menemukan kurma yang masih asli tanpa pemanis tambahan. Jikalau ada, harganya mahal dan biasanya cuma tersedia di swalayan di kota-kota besar saja. Kurma yang seperti ini kemungkinan kurang baik untuk kesehatan terutama penderita diabetes. Karena itu jangan mengkonsumsinya secara berlebihan. Ayoberusaha

0 komentar:

Post a Comment

COMALinfo © 2014. All Rights Reserved. Powered By Blogger
Blogger