Arsip Blog

COMALinfo - Terbaring di tempat tidur seharian, tidak bisa ke mana-mana, tidak bisa beraktivitas, batuk, pilek, hidung meler, kepala sakit, badan nyeri, tidak ada seorang pun yang mau merasakan berbagai hal tersebut. Namun kenyataannya, penyakit datang tak bisa dielak. Dan sakit bisa datang dari mana saja dan disebabkan oleh banyak hal, misalnya:

Pola makan buruk dan mengonsumsi makanan yang gizinya tidak seimbang membuat tubuh kita tidak mampu berfungsi dengan baik. Risiko terserang berbagai penyakit pun ikut meningkat.


Stres bisa membahayakan tubuh, membuat kita sakit, menurunkan respons kekebalan alami tubuh, menunda penyembuhan, meningkatkan frekuensi dan tingkat keparahan infeksi, dan memperparah masalah kesehatan yang telah ada.

Tidak cukup tidur. Waktu tidur yang kurang dari
delapan jam semalam bisa menurunkan kemampuan alami tubuh dalam melawan infeksi bakteri dan virus. Hasilnya, kita pun rentan terserang penyakit.

Tangan kotor. Tangan kita bersentuhan dengan
banyak kuman sepanjang hari. Apabila tidak dicuci secara teratur, kita bisa menyebarkan penyakit ke diri sendiri dan orang lain.


Jarang sikat gigi. Tidak rutin membersihkan mulut bisa membuat bakteri berbahaya berkembang di luar kendali hingga membuat kita sakit, menyebabkan radang, dan menimbulkan masalah lain.

Kurangnya cairan dalam tubuh. Sekitar 60% komposisi tubuh kita terdiri dari air, namun cairan tersebut bisa hilang melalui buang air kecil, buang air besar, berkeringat, dan bahkan bernap Bila cairan yang hilang tidak segera diganti, kita bisa mengalami dehidrasi (kekurangan cairan tubuh) yang bisa menimbulkan beberapa gejala seperti sakit kepala, haus, jarang berkemih, bibir kering, dan kelelahan.Warna urine kuning juga bisa menandakan bahwa tubuh kekurangan cairan.

Adanya gangguan dalam sistem kekebalan tubuh kita.

Untungnya, sakit-sakitan bisa dihindari dengan melakukan beberapa tindakan di bawah ini:

Rutin olahraga. Penelitian menunjukkan bahwa rutin berolahraga, setidaknya 30-60 menit sehari, mampu meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh kita dan mengurangi risiko sakit.

Rajin cuci tangan menggunakan sabun antibakteri dan air hangat atau air yang mengalir selama 20 detik, sebelum atau sesudah menyentuh benda-benda. Agar lebih praktis Anda bisa membersihkan tangan dengan hand sanitizer berbahan alkohol.

Kendalikan stres dengan meditasi atau mengambil napas dalam-dalam dan perlahan.

Mengonsumsi makanan dengan nutrisi, vitamin, mineral yang seimbang dan dibutuhkan tubuh seperti sayuran, buah, protein tanpa lemak, dan gandum utuh. Selain itu, kurangi asupan lemak, garam, dan gula.

Minum banyak air. Air sangat penting bagi tubuh karena membantu membawa nutrisi dan mineral ke sel. Air juga menjaga mulut, hidung, dan tenggorokan tetap lembap agar kita terhindar dari penyakit.

Tidur 7-8 jam sehari.Ciptakan suasana tenang dan nyaman di tempat tidur agar kualitas tidur lebih baik.

Sikat gigi dan gunakan benang gigi setidaknya dua kali sehari, terutama setelah makan.

Keluar rumah. Menghirup udara segar bisa mengurangi paparan kuman yang ada di rumah dan meningkatkan kekebalan tubuh kita. Jika udara di sekitar rumah cenderung berpolusi, cobalah untuk bangun pagi dan menghirup udara segar di luar saat udara masih segar.

Jangan suka menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan.

Menerima vaksin flu setiap tahun bisa membuat kita terhindar dari sakit.

Jangan mendekati orang yang sedang sakit.

Mudah sakit atau sering sakit-sakitan memang tidak enak. Kita menjadi kesusahan kalau ingin melakukan apa saja dan pergi ke mana saja. Oleh karena itu, kalau tubuh Anda sering sakit-sakitan, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter agar sakit bisa didiagnosis dan disembuhkan secepat mungkin. Beritahati 

0 komentar:

Post a Comment

COMALinfo © 2014. All Rights Reserved. Powered By Blogger
Blogger