Arsip Blog

COMALinfo - Salah satu titik di kawasan OW Pantai Pasir Kencana yang digenangi rob. Meski digenangi rob, minat warga berkunjung ke OW tersebut tetap tinggi, selama libur Lebaran lalu.

Naik 80 Persen Dibandingkan Tahun Lalu

Meski kawasan Obyek Wisata (OW) Pantai Pasir Kencana digenangi rob, namun jumlah wisatawan yang berkunjung di obyek wisata tersebut mengalami peningkatan signifikan selama liburan lebaran.


Dari catatan Dinparbudpora, jumlah wisatawan yang berkunjung di dua obyek wisata yakni Pantai Pasir Kencana dan Pantai Slamaran naik sampai 80 persen dibandingkan libur Lebaran tahun lalu.

Dari catatan Dinparbudpora, tahun ini selama libur Lebaran sejak 25 Juni hingga 2 Juli, total ada 20.225 wisatawan berkunjung ke dua OW tersebut. Rinciannya, 18.595 berkunjung ke Pantai Pasir Kencana, lebih tinggi dibandingkan tahun lalu yang hanya sebanyak 10.418.

Sedangkan untuk Pantai Slamaran, tercatat sebanyak 1.630 wisatawan berkunjung, atau naik signifikan dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 964 wisatawan.


“Tahun lalu jumlah wisatawan di Pantai Pasir Kencana selama Juli plus libur Lebaran hanya 10.418 orang, tahun ini hanya libur Lebaran saja mencapai 18.595.

Terlihat ada peningkatan signifikan, padahal perhitungannya juga hanya dimulai dari 25 Juni sampai 2 Juli saja,” terang Kabid Pariwisata Dinparbudpora, Ninik Murniasih kemarin.

Ia menyatakan, ada beberapa faktor yang membuat jumlah pengunjung meningkat. Selain karena minat masyarakat tinggi, juga karena ketatnya penjagaan di pintu masuk OW. “Kami tempatkan banyak petugas jadi kemungkinan tidak ada yang menerobos. Sehingga jumlahnya meningkat signifikan,” tutur Ninik Murniasih.

Rob Tak Berpengaruh

Sedangkan untuk minat masyarakat, Ninik Murniasih menyatakan bahwa pantai memang menjadi satu tujuan wisata favorit. Sehingga meskipun kawasan obyek wisata digenangi rob, masyarakat tetap berminat untuk mengunjungi dua obyek wisata pantai di Kota Pekalongan itu. “Syawalan sudah menjadi tradisi, setelah Syawalan warga ingin ke pantai. Begitu juga tradisi warga di Kabupaten yang suka berwisata ke pantai. Sehingga meskipun kondisi rob wisatawan tetap ramai,” tambahnya.

Untuk itu pihaknya juga telah melakukan antisipasi dengan perbaikan dan pemeliharan kawasan wisata.

Tahun ini direncanakan akan dilakukan proyek peninggian jalan yang beraspal dan paving. Sehingga harapannya titik-titik genangan rob bisa diatasi.

“Kedepan juga akan ditambahkan wahana permainan, peninggian jalan dan penataan kios. Yang jelas tahun ini, ada kegiatan pembangunan infrastruktur disana. Harapannya pengunjung bisa bertambah jika kawasan sudah ditata,” harapnya.

Sementara itu, salah satu pengunjung Pantai Pasir Kencana, Dzulkarnain mengaku adanya rob tak mempengaruhi minat keluarganya untuk berwisata ke Pantai Pasir Kencana. “Tidak apa-apa si, soalnya ini hanya sore saja. Paginya tidak. Tapi kalau bisa diperbaiki agar pengunjung lain juga nyaman,” usulnya.

Karena menurut Dzulkarnain, wisata pantai menjadi salah satu wisata yang menarik dan nyaman. Ia bersama istri dan anaknya menghabiskan waktu melihat pantai, makan bersama dan bermain di lokasi itu. “Asik buat keluarga, tempatnya nyaman. Kalau bisa diperbaiki akan lebih baik lagi,” tutur warga Banyurip tersebut. Radarpekalongan

0 komentar:

Post a Comment

COMALinfo © 2014. All Rights Reserved. Powered By Blogger
Blogger