Arsip Blog

COMALinfo - Pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika  (BMKG) menginformasikan gempa bumi berkekuatan 5,4 skala Richter, yang berpusat di Kabupaten Tasikmalaya, Senin (24/4), dirasakan hampir seluruh bagian Jawa Barat namun tidak berdampak kerusakan.

Dilansir dari rimanews.com, Berdasarkan laporan dari Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, gempa yang terjadi pada pukul 01.01.10 WIB berlokasi di 8.10° Lintang Selatan, 107.86° Bujur Timur (58 km barat daya Kabupaten Tasikmalaya pada kedalaman 13 km).

"Berdasarkan peta guncangan gempa dari data akselerograf, gempa Tasikmalaya dirasakan manusia yang tidak sedang tidur (gempa jam 1 dini hari), di seluruh Jawa Barat, guncangan dirasakan seperti ada truk lewat dekat kita (skala II MMI), gempa tersebut tidak berdampak kerusakan," ucap Toni Wijaya, Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung.




Secara resmi Pusat Gempa dan Tsunami BMKG menjelaskan, sebagian selatan wilayah Jawa diguncang gempa tektonik kekuatan 5,0 SR pusat gempa terletak pada koordinat 8.10° LS dan 117.86° BT tepatnya di Samudra Hindia pada jarak sekitar 58 km arah barat daya Kabupaten Tasikmalaya, pada kedalaman hiposenter 63 km.

Bedasarkan hasil analisa peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG, dampak gempa bumi ini menimbulkan guncangan pada II skala intensitas gempa bumi BMKG (SIG-BMKG) atau II-III skala intensitas Modified Mercally Intensity (MMI) di wilayah Tasikmalaya, Sumedang, kemudian dirasakan SIG-BMKG (II MMI) di wilayah Banjar, Pangandaran, Kabupaten Bandung dan Garut.

Penyebab gempa bumi adalah aktivitas subduksi lempeng Indonesia Australia ke bawah lempeng Eurasia dengan laju 61 mm per tahun dan menyebabkan deformasi atau perpatahan batuan di zona Benioff pada kedalaman 63 km.

0 komentar:

Post a Comment

COMALinfo © 2014. All Rights Reserved. Powered By Blogger
Blogger