Arsip Blog

COMALinfo - Dinas Pendidikan Kabupaten Pemalang untuk wilayah Kecamatan Comal menyatakan pelaksanaan ujian sekolah dasar tetap menggunakan model PBT (paper based test) atau ujian berbasis pensil dan kertas.

Terlihat tidak ada yang menggunakan CBT (computer based test). Selama ini, SD memang belum pernah ujian berbasis komputer. 

Sejauh ini, pelaksanaan US SD tidak menemui kendala berarti. Karena masih UNKP seperti biasa. Distribusi soal juga berjalan lancar, tidak ada isu-isu kebocoran soal, dan sebagainya.



Untuk mata ujian yang diujikan pada US SD, ada tiga pelajaran, yakni Bahasa Indonesia (15/5), kemudian Matematika pada 16 Mei 2017, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada hari ketiga (17/5) mendatang.

US SD memang sempat menjadi syarat kelulusan ketika masih berbentuk ujian nasional (UN), namun kemudian diganti menjadi UASBN (ujian akhir sekolah berstandar nasional), dan sekarang US SD.

Tidak lagi jadi syarat kelulusan. Syarat kelulusan SD itu dasarnya KKM (kriteria kelulusan minimal) atau SKM (standar kelulusan minimal). Standar kelulusan US SD juga diserahkan pada sekolah masing-masing. 

Jadi, setiap satuan pendidikan SD diberikan kewenangan untuk menentukan standar kelulusan siswanya, termasuk standar nilai minimal US SD sebagai syarat kelulusan ujian.


0 komentar:

Post a Comment

COMALinfo © 2014. All Rights Reserved. Powered By Blogger
Blogger