Arsip Blog

COMALinfo - Mudik ke Jawa Tengah, tepatnya di Kota Pekalongan, jangan lupa mampir ke beberapa destinasi wisatanya. Kota Batik ini ternyata punya 4 destinasi andalan terutama saat musim pulang kampung tiba.

Pulang ke kampung halaman sayang sekali jika tidak dimanfaatkan untuk berwisata. Selain memanfaatkan momen bagus saat berkumpul dengan keluarga besar, Anda juga bisa mendapatkan pengalaman baru. 


Bagi yang mudik ke Kota Pekalongan atau sekitarnya, Anda bisa mencoba beberapa tempat menarik untuk berwisata. Dikumpulkan oleh detikTravel, Rabu (8/8/2012), ini dia 4 destinasi andalan Kota Pekalongan terutama saat mudik tiba:

1. Pantai Pasir Kencana

Pantai Pasir Kencana adalah objek wisata utama yang dimiliki Kota Pekalongan. Letaknya berada tepat berdampingan dengan tempat pelelangan ikan atau Pelabuhan Perikanan Nusantara di Pantai Utara (Pantura) Jawa. Dari Pusat Kota Pekalongan, pantai ini bisa ditempuh dengan jarak sekitar 4,5 km.

Walaupun berada di kawasan Pantura yang rata-rata pantainya berpasir agak kotor, Pasir Kencana tergolong pantai yang cukup terawat. Pemkot Pekalongan sepertinya sangat memerhatikan objek wisata yang satu ini. Oleh karena itu, saat libur tiba atau pada musim mudik, Pantai Pasir Kencana selalu dipadati pengunjung.

Asyiknya, Anda bisa menyaksikan sunrise dan sunset di lokasi ini. Dari situs resmi Pemkot Pekalongan, Rabu (8/8), setiap pengunjung wajib membayar tiket sebesar Rp 1.100 untuk hari biasa, Rp 1.600 untuk hari libur, dan Rp 2.100 untuk malam Minggu.

2. Pantai Slamaran Indah

Selain Pantai Pasir Kencana, Pekalongan juga punya Pantai Slamaran Indah. Letaknya juga tidak jauh dari Pantai Slamaran Indah, hanya dipisahkan oleh pelabuhan saja.

Tidak berbeda jauh dengan Pantai Pasir Indah, pemandangan di sini juga menawan. Udaranya masih segar dan cocok untuk dijadikan sebagai tempat rekreasi bersama keluarga. Di sini juga Anda bisa menyaksikan indahnya sunrise dan sunset.

Di luas sekitar 3,5 hektar ini tersedia beberapa fasilitas yang disediakan untuk pengunjung, seperti lahan parkir yang luas dan beberapa kamar ganti. Ada juga beberapa warung makan dan tempat penyewaan perahu di sini.

Baca ; Balon Air Yang Meresahkan Masyarakat di Razia Polsek Pemalang

Untuk bisa masuk ke dalam kawasan Pantai Slamaran Indah, Anda harus membayar tiket sebesar Rp 500, Rp 1.000 untuk hari libur, dan Rp 2.000 untuk malam Minggu. Semua harga tersebut sudah termasuk dengan asuransi.

3. Kampung Wisata Batik Kauman

Sudah terkenal hingga mancanegara bahwa Pekalongan adalah sentra industri batik. Bagi Anda yang penasaran dengan proses pembuatan batik khas Pekalongan, sambangi saja Kampung Wisata Batik Kauman.

Di kawasan yang berada di Jalan Hayam Wuruk ini Anda bisa belajar membatik di beberapa showroom yang ada. Jangan kaget jika saat datang nanti kawasan ini akan sangat ramai, sebab memang di sinilah sentra pembuatan dan penjualan batik Pekalongan.

Pengunjung yang datang tidak hanya menggunakan kendaran pribadi, tapi juga bus-bus besar yang berasal dari luar kota. Bahkan ada juga turis mancanegara yang memborong kain batik indah khas Pekalongan ini.

4. Kawasan Kota Tua Pekalongan

Di Alun-alun Utara Kota Pekalongan, Anda bisa melihat beberapa bangunan kuno yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Bangunan-bangunan bekas peninggalan Belanda tersebut sepertinya sayang jika dibiarkan begitu saja.

Seperti halnya Kota Tua di Jakarta, Anda juga bisa menggunakan Kawasan Kota Tua Pekalongan sebagai destinasi wisata alternatif. Bangunan yang megah dengan tembok tinggi menjadikan suasana sangat berbeda. Siapkan kamera dan mulailah bergaya!

Jika mulai mati gaya, istirahatlah di alun-alun. Di sini tersedia bangku yang nyaman berpayungkan pohon beringin yang rindang. Ada juga beberapa pedagang yang menjual aneka makanan khas Pekalongan, seperti nasi megono dan garang asam Pekalongan. Detik

0 komentar:

Post a Comment

COMALinfo © 2014. All Rights Reserved. Powered By Blogger
Blogger