Arsip Blog

COMALinfo - Dedi Setyawan , tahanan kasus pencurian nekat kabur dari mobil tahanan milik Kejaksanaan Negeri ( Kejari ) Kabupaten Brebes , usai mengikuti persidangan di Pengadilan Negeri ( PN ) setempat, Rabu siang ( 14 / 6) . Warga Desa Pagejugan , Kecamatan / Kabupaten Brebes itu melarikan diri , di saat mobil tahanan parkir di halaman Lembaga Permasyakatan ( LP) Kelas II Brebes , untuk mengembalikan para tahanan usai sidang di PN Brebes . Petugas gabungan dari Polres Brebes , Kejari dan LP Brebes masih melakukan pencarian terhadap tahanan kabur tersebut.

Informasi yang dihimbun suaramerdeka.com di lapangan menyebutkan, kaburnya tahanan itu terjadi sekitar pukul 12 .30 WIB. Berawal saat mobil tahanan kembali ke LP Brebes , di sebelah timur komplek Alun -alun Brebes . Kendaraan milik Kejari Brebes itu datang untuk mengantarkan belasan tahanan usai mengikuti sidang di PN . Namun ketika mobil tahanan parkir di halaman LP dan para tahanan turun, mendadak seorang tahanan melompat dari dalam mobil sambil mendorong tahanan lainnya dan melarikan diri . Sebelumnya tahanan itu berhasil melepaskan borgol yang mengikat tangannya dengan tangan tahanan lain .


Melihat ada tahanan kabur, petugas Kejari yang mengawal para tahanan itu langsung mengejar. Tahanan yang merupakan terdakwa kasus pencurian sebuah laptop di Perumahan Sapire Residen di Jalan Yos Sudarso , Brebes itu kabur ke arah utara. Kemudian, menyeberang jalur pantura Brebes dan masuk gang di pemukiman warga .

Baca ; Rest Area Tol Pejagan- Pemalang Disidak

Terdakwa yang tercatat sebagai residivis kasus yang sama itu juga sempat membuang kemeja putih , yang dipakainya dalam persidangan di PN Brebes . Kemeja itu ditemukan petugas Kejari tergelatak di pohon mangga , di tepi jalan .

“ Awalnya mobil tahanan masuk ke halaman LP ini dan tak lama para tahanan turun . Tiba-tiba seorang tahanan mendorong tahanan lainnya dan kabur. Petugas yang melihat langsung mengejar dan berteriak tahanan kabur , ” ujar Rizal ( 35) , seorang warga yang tengah bekerja mengelas tralis di komplek LP Brebes .

Warga asal Kecamatan Bumiayu itu menuturkan , mobil tahanan itu membawa belasan penghuni LP untuk mengikuti sidang di PN Brebes . Kendaraan datang ke LP untuk menjemput tahanan sekitar pukul 10 . 00 WIB. Kemudian, kembali datang ke LP untuk mengantar tahanan sekitar pukul 12.30 WIB. Saat kejadian situasi halaman LP Brebes sepi. Padahal saat siang hari biasanya ramai oleh orang yang akan menjenguk para tahanan .

“ Tak hanya petugas Kejari ikut mengejar, warga di Alun -alun Brebes juga ada yang ikut mengejar tahanan kabur itu. Tapi , sampai siang ini belum tertangkap ,” ungkapnya.

Kejari Brebes , Pendi Sijabat , membenarkan peristiwa kaburnya seorang tahanan tersebut . Bahkan , dirinya mengecek ke lokasi kejadian di halaman LP Brebes . Tak berselang lama , belasan anggota Polres Brebes datang untuk mengecek lokasi dan melakukan pengejaran .

“ Saya baru mendapat laporan, katanya ada tahanan kabur. Makanya saya langsung ke sini untuk mengeceknya , ” ujar Kajari ditemui di halaman LP Brebes .Suaramerdeka

0 komentar:

Post a Comment

COMALinfo © 2014. All Rights Reserved. Powered By Blogger
Blogger