Arsip Blog

COMALinfo - Dalam rangka stabilitas ketersediaan barang dan harga kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) menjelang Hari Raya Idul Fitri, Komisi B DPRD Jateng memantau sejumlah pasar tradisional. Seperti pantauan yang dilakukan pada Selasa (6/6/2017) ini, di Pasar Pemalang, yang terletak di Kelurahan Mulyoharjo, Kecamatan Pemalang. 

Beberapa harga bahan pokok mengalami penurunan. Antara lain harga daging sapi yang sempat naik menjelang awal Ramadan, namunbeberapa hari ini turun dari Rp 140 ribu/kg menjadi Rp 120 ribu/kg. Hal itu juga terjadi pada harga ayam potong dari Rp 38 ribu/kg menjadi Rp 32 ribu/kg.


Wakil Ketua Komisi B DPRD Jateng Yudhi Sancoyo mengatakan, penurunan harga kebutuhan pokok sangat membantu masyarakat. Dia berharap rantai distribusi tidak terlalu panjang sehingga harga sampai di tangan pembeli akan menjadi murah.
Salah satu pedagang pasar Siti menyebutkan, harga-harga kebutuhan pokok seperti cabai merah, daging sapi/ayam, bawang merah, bawang putih di awal Ramadan sempat mengalami naik. Bahkan harga bawang putih sampai mahal. Namun demikian sampai sekarang ini harga tersebut sudah kembali normal. 
Dia berharap, menjelang Lebaran nanti harga-harga kebutuhan tidak naik lagi. "Tahun-tahun sebelumnya, menjelang Lebaran harganya naik edan-edanan. Bapak/Ibu Dewan bisa menyuarakan masalah ini," ucap dia  
Sementara, Khoiron dari Diskoperindag Pemalang mengatakan, setiap pekan pihak dinas selalu menyurvei harga-harga di sejumlah pasar tradisional terutama pada hari Senin dan Kamis. Dengan pemantauan harga bisa mempercepat penanganan saat terjadi lonjakan harga dan kelangkaan barang. Wartajateng
COMALinfo © 2014. All Rights Reserved. Powered By Blogger
Blogger