COMALinfo - Tradisi Syawalan di Kelurahan Pekajangan, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, berlangsung meriah dengan Gebral Gunung setinggi 275 centimeter, Minggu (2/7). Syawalan dengan membuat arak-arakan gunungan gebral ini sudah menjadi tradisi setiap syawal sejak 19 tahun lalu. Gebral sendiri merupakan makanan tradisional masyarakat setempat yang kini sudah mulai punah keberadaannya.

Ribuan orang baik warga sekitar maupun pengunjung dari luar daerah turut menyaksikan prosesi arak gunungan gebral tersebut. Pagelaran tradisi ini diadakan warga Gang 20 dan Gang 18 Pekajangan.


Sejumlah tokoh masyarakat, seperti perangkat desa setempat, perangkat kecamatan, dan tokoh agama. Panitia pelaksana kegiatan, Mahmudi menuturkan, kegiatan ini sudah dilaksankan sejak 19 tahun lalu.

Tahun ini, ukuran gebral hampir 3 meter. Prosesi pemotongan dilakukan pukul 11 siang, setelah melalui proses pengarakan mengelilingi kampung.


“Tadi jam 7 pagi gunungan gebrak diarak bebarengan dengan jalan sehat yang diikuti warga umum Pekajangan dan warga luar Pekajangan,” jelasnya.

Diterangkan Mahmudi, rangkaian kegiatan syawalan ini dimulai dengan jalan sehat, kajian pengajian, donor darah, pasar jajan dan panggung hiburan serta pembagian doorprize sebanyak 100 hadiah.

“Alhamdulillah, antusiasme masyarakat cukup tinggi. Ada sekitar 1000 orang lebih yang mengikuti rangkaian tradisi syawalan di Pekajangan,” terang Mahmudi.

“Puncak acara adalah pemotongan gunungan gebral setinggi 275 centimeter, dan dilakukan oleh ust Zainudin, tokoh agama setempat,” tambahnya menjelaskan.

Dikatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahim dan meningkatkan semangat gotongroyong antar warga. “Untuk tahun ini, temanya yakni ‘Menjalin Silaturahim antara Warga pekajangan dan Sekitarnya’,” tandasnya.

Sementara, salah seorang warga Podo Kedungwuni, Slamet (30) mengaku senang dengan menghadiri kegiatan tersebut. Semarak kegiatan Syawalan di Pekajangan cukup menghibur dengan berbagai rangkaian kegiatan yang ada.

“Selain kegiatannya ramai, cukup baik juga untuk meningkatkan silaturahim dan interaksi antar warga,” ungkapnya. Radarpekalongan

1 komentar:

  1. "KESESI RENTAL MOBIL
    & TAXI BORONGAN"
    AVANZA/XENIA
    Bersih dan Nyaman.

    Kami menyewakan MOBIL 300rb + SUPIR 100rb (tidak termasuk bensin, tol, parkir dan maaf tidak bisa sewa lepas kunci).

    Harga Promo Bulan ini:
    Hanya Rp.400 ribu per tanggal, dalam kota, sudah plus supir.
    Hanya Rp.500 ribu per tanggal, luar kota Pekalongan, sudah plus supir.


    TAXI BORONGAN

    Melayani Jasa Taxi Borongan Antar Jemput Bandara Sekali Jalan.

    Kami akan jemput Anda dari Bandara Ahmad Yani Semarang kemudian kami antarkan ke lokasi anda dalam area Batang, Pekalongan, Bojong, Kajen, Kesesi, Bodeh, Comal, Pemalang, Banjarnegara & Brebes, sekali jalan.

    Dan sebaliknya, dari daerah tersebut kami akan layani anda menuju ke Bandara Ahmad Yani sekali jalan.

    Tarif Promo Bulan ini :
    Rp.700 rb sekali jalan (sudah termasuk Mobil, Supir, Tol dan Parkir). Kalau jarak dekat lebih murah.

    DUDUK... NGENG... TEKO...!!!

    Hubungi : VICCO
    KESESI TAXI & RENT A CAR
    SMS : 085601991957
    WA : 081381086757
    Sewa Mobil Kesesi
    Sejak Dulu Kala
    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=108292899808522&id=100018834362647

    ReplyDelete

COMALinfo © 2014. All Rights Reserved. Powered By Blogger
Blogger