Arsip Blog

COMALinfo - Kegiatan sedekah laut rutin dilaksanakan setiap tahun di Desa Asemdoyong Kec.Taman maupun Dukuh Pejarakan Desa Danasari Kec/ Kab.Pemalang. Sedeklah laut selain melarung nasi tumpeng lengkap dengan lauk pauknya, hasil bumi juga kepala kerbau, Kegiatan ini bertujuan agar para nelayan dalam melaut diberikan keselamatan oleh Allah Swt, terhindar dari musibah di laut dan mendapat hasil tangkapan yang melimpah. 

Seperti dilansir tribatanewspemalang.com, Waka Polsek Pemalang Iptu Edi selaku Perwira Lapangan memimpin apel, dengan tujuan pengecekan anggota dan kesiapan anggota serta memberikan arahan cara bertindak di lapangan pada pengamanan acara larung sesaji teersebut agar berlangsung aman, pada hari Minggu (23/4) pukul 10.00 Wib di desa Danasari Kec/Kab.Pemalang. 

Pelepasan sedekah laut beberapa petugas
Polri dipimpin Waka Polsek Pemalang Iptu Eko Hartono dengan menggunakan kapal patroli Pol Air mengawal kapal nelayan yang membawa sesaji ke tengah lautan, diikuti 46 kapal nelayan/(FOTO TRIBATA). 



Ditempat tersebut tampak juga Kasat Pol air Polres Pemalang Polda Jateng AKP Sunardi, S.H., Sekdes Danasari, Bhabinkamtibmas Desa Danasari dan nelayan Dukuh Pejarakan kurang lebih 1000 (seribu) orang.

Yang menambah suasana lebih sakral adalah pada saat pelaksanaan larung sesaji ke tengah laut, kelompok karawitan/ gamelan mengiringi dengan membawakan gending-gending jawa, yang mana hal ini sudah sangat jarang kita temukan.

0 komentar:

Post a Comment

COMALinfo © 2014. All Rights Reserved. Powered By Blogger
Blogger